Ciwidey Black Honey, siapa yang tidak kenal dengan salah satu kopi Ciwidey Black Honey yang mendadak terkenal dan menjadi rekor tertinggi harga kopi di indonesia. Sampai saat ini pun kopi Ciwidey Black Honey tetap menjadi kopi terfavorit. Kopi tersebut selalu dilontarkan di tengah obrolan santai ketika minum kopi. Apa pun tentang kopi, sangat cepat menyebar di hampir seluruh negara yang memiliki penikmat kopi yang antusis.

Sejenis kopi melalui perjalanan yang panjang sebelum akhirnya sampai pada cangkir yang siap dinikmati. Banyak proses yang harus dilalui hingga tiba menciptakan cita rasa yang unik dan kualitas kopi Ciwidey, black Honey ini bagus dan spesial, karena cara mengolahnya pun sangat baik.

Black HoneySalah satunya Jenis kopi arabika yang ditanam di Gunung Patuha, Ciwidey, Jawa Barat dilelang seharga Rp. 2,050 juta/kg. Kemudian lelangan ini dilangsungkan pada 20 Oktober 2017 bersamaan dengan pelaksanaan Asia Pacific Coffee Conference di Jakarta yang dimana diikuti oleh pemilik kedai kopi dari berbagai kota.

Kopi Ciwidey yang diproses dengan proses Black Honey ini mempunyai kompleksitas rasa yang lebih tinggi dibandingkan proses lainnya. Yang dikarenakan waktu yang lama membuat konten gula pada mucilage semakin terkonsentrasi dan semakin banyak teresap kedalam biji kopi. Menurut salah satu hal yang membuat kopi ini mahal adalah tampilan citarasa yang dikarenakan proses black honey selama 30 hari.

Setiap kopi memiliki karakter masing-masing yang membuatnya unik dan menarik tidak hanya dilihat dari prosesnya saja, single origin adalah cara yang bisa membuat kita menikmati keunikan dari rasa karakter kopi tersebut.
Single origin adalah asal mula, atau tempat pertama kopi itu berasal. Umumnya, single origin mengacu kepada satu wilayah, tempat, atau daerah spesifik dan tak bisa direkayasa.

Ciwidey Black Honey mengacu satu wilayah, wilayah Bandung Jawa Barat. Dan Citarasa yang keluar dari kopi Ciwidey Black Honey ini mengeluarkan citarasa leci, buah-buah tropis, aroma manis gula, dan cacao dipinggiran lidah ketika diseruput.

Kopi adalah kesungguhan, dan tak mudah ternyata hal yang membuat kopi Ciwidey Black Honey membuat kopi ini termahal adalah tampilan citarasa karena proses black honey selama 30 hari.
Lapisan getah dibiarkan 100% menempel di biji kopi. Pengeringan dilakukan selama kurang lebih30 hari. Setelah kering, warnanya akan menghitam dan memiliki rasa yang lebih kompleks. Hal ini dikarenakan gula pada muncilage semakin banyak yang terserap dalam biji kopi. Melalui proses yang luar biasa terbukti menciptakan citarasa yang luas biasa.

One thought on “Ciwidey Black Honey, Rekor Lelang Kopi di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *