Banyak pecinta kopi yang sudah sangat familiar dengan kopi arabika dan kopi robusta. Namun, apa sih sebenarnya yang membedakan keduanya? Salah satunya banyak orang yang berpendapat jika kopi robusta rasanya lebih pahit dibandingkan arabika yang rasanya lebih masam.
Namun selain itu, masih banyak yang membedakan antara kedua jenis kopi masyarakat ini. Apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Kopi Arabika di Ethiopia Sedangkan Robusta di Indonesia.
Banyak sumber yang mengungkapkan jika tanaman kopi jenis arabika ditemukan pertama kali di Ethiopia. Lalu populer sebagai minuman oleh masyarakat Arab untuk disebarkan hingga ke penjuru dunia.
Sedangkan asal kopi robusta sendiri dari Indonesia, mengingat orang Belanda di sekitar abad ke 20 membawa tanaman ini ke Indonesia dalam jumlah yang banyak untuk dibudidayakan. Adapun tujuan dibudidayakannya kopi robusta sendiri ialah untuk menggantikan kopi arabika karena terserang penyakit hemileia vastatrix (wabah karat pada daun).

2. Arabika Cocok Dibudidayakan di Dataran Tinggi, Tidak Dengan Kopi Robusta.
Kopi arabika biasanya bisa tumbuh baik di kedalaman 1000-2000 mdpl. Sebenarnya tanaman ini masih dapat tumbuh di dataran rendah. Tapi pertumbuhannya kurang optimal, karenanya hasil panennya pun menjadi kurang baik.
Arabika memerlukan curah hujan mencapai 1.500-2.500 mm setiap tahunnya. Biasanya tanaman ini memerlukan suhu udara rata-rata untuk berkembang pada kisaran temperature 15-25 derajat celcius.
Berbeda dengan kopi robusta yang bisa tumbuh baik di ketinggian sekitar 0-900 mdpl. Sedangkan ketinggian paling idealnya di titik 400-800 mdpl. Sedangkan untuk pertumbuhannya sendiri, memerlukan kisaran suhu 24-30 derajat celcius.

3. Robusta Lebih Mudah Perawatan dan Tahan Hama.
Kopi robusta bisa dikatakan lebih unggul dari serangan penyakit dan hama dibandingkan kopi arabika. Di samping itu, perawatan dan proses pemanenan tanaman robusta juga lebih mudah.
Berbeda dari tanaman robusta, buah arabika justru lebih mudah rontok saat matang, jadi perlu proses pemanenan yang sangat hati-hati.

Itulah beberapa perbedaan tanaman kopi Arabika dan Robusta. Indonesia dan Vietnam sendiri digadang-gadang sebagai negara penghasil robusta terbesar. Sedangkan Ethiopia, Kolombia, dan Brazil sendiri adalah negara-negara yang menghasilkan kopi arabika terbesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *