Tanaman kopi bisa tumbuh dengan baik di kawasan beriklim tropis. Wilayah perkebunan tanaman ini juga sangat luas, dari negara Amerika Selatan, beberapa negara yang ada di Afrika, dan Asia Tenggara. Dimana, negara-negara yang menghasilkan tanaman kopi terbesar juga berasal dari wilayah tersebut. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut!

1.  Brazil

Brazil memang populer sebagai negara penghasil tanaman kopi di dunia terbesar, bahkan sudah mengungguli pasar ekspor dari tahun 1830. Negara yang dijuluki Negeri Samba tersebut juga merupakan produsen arabika yang terbesar di seluruh dunia, mengingat 80% produksinya ialah kopi jenis arabika.

2.  Vietnam

Vietnam sebagai wilayah penghasil kopi terbesar di dunia, tidak terlepas dari peranan bangsa Prancis yang membawakan tanaman kopi untuk dibudidayakan sejak abad ke-19 lalu. Sesudah perang berakhir pada tahun 1975, produksi kopi di negara ini pun semakin menunjukkan taringnya. Bahkan disebut-sebut bahwa Vietnam adalah produsen kopi robusta terbesar yang ada di seluruh dunia.

3.  Kolombia

Budidaya kopi di Kolombia sendiri sudah dikembangkan dari tahun 1790 silam. Akan tetapi, Kolombia baru dapat mengekspornya sejak tahun 1835, dari sinilah kopi menjadi salah satu komoditas penting.

4.  Indonesia

Masuknya tanaman kopi ke Indonesia sendiri sejak tahun 1696 berkat jasa kaum Belanda saat menjajah Indonesia. Pada waktu itu, VOC turut membawa kopi lalu membudidayakan tanaman ini melalui sistem kultivasi atau tanam paksa. Hingga akhirnya kini Indonesia didapuk sebagai salah satu negara penghasil kopi terpopuler di Indonesia.

5.  Ethiopia

Saingan dengan Indonesia, Ethiopia adalah negara penghasil tanaman kopi Arabika yang sudah ditemukan sejak berabad-abad tahun lalu. Walaupun tanaman ini berasal dari negara Ethiopia, namun sebenarnya bangsa Arab-lah yang mempopulerkan tanaman ini pertama kali karena dibawa para pedagang Arab ke Ethiopia lalu disebarkan hingga ke penjuru dunia.

One thought on “Ini Negara Penghasil Kopi Terbesar, Indonesia Ada di Urutan ke-4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *